Selasa, 07 Maret 2017

Partai Politik Diminta Siapkan Diri Hadapi Pemilu Serentak 2019

Keterangan Foto: Anggota KPU Kabupaten Dompu saat memberikan sosilasisasi dihadapan pengurus dan simpatisan partai Nasdem. (Foto/Dok .Yhy)
Dompu,-Partai politik Se kabupaten Dompu diminta agar mulai menyiapkan diri menghadapi pemilu serentak tahun 2019. Terutama menyiapkan diri dalam menghadapi verifikasi factual partai politik peserta pemilu. 

Hal itu diungkap anggota KPU Kabupaten Dompu Devisi SDM dan partisipasi Suherman yang hadir sebagai narasumber di hadapan pimpinan, kader dan simpatisan dalam acara rapat kerja daerah Dewan Pimpinan Daerah Partai Nasdem di Gedung PKK Dompu, selasa (07/03) 

Dijelaskannya, dalam verifikasi factual partai politik KPU tidak akan keluar dari konteks sebagaimana yang diamanatkan undang-undang dan peraturan KPU tentang tatacara verifikasi partai politik peserta pemilu. Oleh karena itu imbuhnya, mulai saat ini partai politik harus menyiapkan diri terutama menyangkut kepengurusan, keanggotaan, kantor dan sebagainya.

“kalau dalam verifikasi faktual nantinya partai politik memenuhi ketentuan undang-undang, maka kami tidak ragu untuk menyakatakan memenuhi syarat (MS), pun sebaliknya.” Jelas herman.

Lebih lanjut herman mengajak seluruh element bangsa utamanya partai politik mulai dari pengurus hingga simpatisan agar senantiasa berperan aktif dalam meningkatkan kualitas demokrasi dengan menjalankan tugas dan fungsi partai politik untuk senantiasa memberikan pendidikan politik kepada anggota maupun masyarakat secara massif dan berkesinambungan.

“kualitas demokrasi kita saat ini masih rendah, untuk itu kami mengajak mari secara bersama mendorong bagaimana kualitas demokrasi kita ini menjadi lebih baik.” Ajaknya.

Disamping itu jelasnya, persoalan lainnya adalah menyangkut partisipasi. Harus diakui angka partisipasi dikabupaten Dompu dari pemilu ke pemilu itu lebih tinggi dibandingkan dengan daerah lainnya di NTB namun persoalannya adalah apakah angka partisipasi yang tinggi tersebut berbanding lurus dengan kualitasnya.

“Ini yang menjadi tantangan kita bersama, untuk itu selain berpartisipasi memberikan hak pilih di TPS, mari kita juga berpartisipasi secara sadar dan sukarela untuk mengawal, mengontrol dan mengawasi seluruh proses penyelenggaraan pemilu.” Himbau Herman (Humas/YHY) 

Related Posts

Partai Politik Diminta Siapkan Diri Hadapi Pemilu Serentak 2019
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.