Selasa, 21 Februari 2017

Menanamkan Nilai Kepemiluan Melalui Pendidikan Pemilih

Keterangan Foto: Anggota KPU Kabupaten Dompu, Suherman saat memaparkan materi pemilu dan demokrasi dihadapan siswa dan guru SMK Kesehatan Gerbang Yapik Dompu

Dompu,- Pendidikan pemilih dalam konteks pemilu dan demokrasi sesungguhnya merupakan usaha sadar dan terencana untuk menanamkan nilai-nilai dan memberikan pengetahuan serta pemahaman dan pengalaman tentang pemilu dalam menghadirkan pemilih yang cerdas.

Hal itu dikatakan Anggota KPU Kabupaten Dompu Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Suherman dalam acara sosialisasi dan pendidikan pemilih di SMK Kesehatan Gerbang Yapik Dompu, Rabu (22/2).

“Saya ingin berbicara dihadapan adik-adik tentang nilai-nilai pemilu dan demokrasi melepas dulu bicara tentang pengetahuannya sebab pengetahuan tentang pemilu, bagaimana sisitem, tahapan, sejarah dan penyelenggara pemilu dan sebagainya kalian tinggal googling, baca bukunya atau datang langsung ke Rumah Pintar Pemilu Tambora. semua ada disana” Papar herman

Dijelaskannya nilai dalam konteks pemilu adalah seberapa besar kesadaran dan kesukarelaan pemilih dalam ikut memberikan hak pilihnya secara cerdas menggunakan nilai sesuai dengan prinsip dan asas pemilu yang LUBER dan JURDIL.

Ditambahkannya bahwa didalam negara demokrasi memilih dan dipilih adalah hak warga negara namun tentu semua ada syarat ketentuannya. Karena ini hak yang melekat pada individu, maka gunakan hak pilih tersebut secara rasional dan cerdas. “Kalau anda cerdas, maka pilihlah pemimpin yang berkualitas. Jangan memilih karena dibeli atau dibayar.” Ujarnya.

Dihadapan sekitar 40 (Empat puluh orang) yang terdiri dari siswa dan guru, Herman juga memaparkan aktivitas pendidikan pemilih yang akan dilaksanakan pada tahun 2017, diantaranya pendampingan pemilos dan TOT Pemilos, lomba reporatse RPP Tambora, Diskusi, dan sebagainya. “kegiatan ini sasarannya adalah pelajar, untuk itu mohon partisipasinya.” Terangnya.

Sementara itu Kepala SMK Kesehatan Gerbang Yapik Dompu, Ida Farida dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada KPU Dompu yang telah berkenan menanamkan nilai-nilai edukasi berbasis nilai dan berbasis ilmu pengetahuan dalam konteks kehidupan berdemokrasi utamanya dalam pemilu kepada pelajar kami. “Ini selaras dengan motto sekolah kami yakni Education of value and education knowledge” paparnya

Menurutnya kegiatan semacam ini merupakan langkah positif untuk menuju pemilu yang berintegritas dan bermartabat “semoga kedepan lebih baik dan sukses untuk KPU Dompu” harapnya. (Humas/YHY/Pho/ITR)

Related Posts

Menanamkan Nilai Kepemiluan Melalui Pendidikan Pemilih
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.