Selasa, 06 Desember 2016

Tak Hanya Partisipasi memberikan Suara, KPU Dorong Kerelawanan Untuk Mengawal Agenda Demokrasi



Dompu,-Peningkatan mutu demokrasi dari waktu ke waktu tidak hanya dilihat dari tingkat partisipasi memberikan hak suara di Tempat Pemungutaan Suara (TPS), tetapi harus diiringi dengan partisipasi masyarakat dalam hal kesadaran, kerelawanan, kesukarelaan dalam ikut mengawal agenda demokrasi.

Hal tersebut diungkapkan Anggota KPU Kabupaten Dompu, Divisi SDM dan  peningkatan partisipasi masyarakat, Suherman dalam pengantar diskusinya pada acara Focus Group Discussion (FGD) membangun desa demokratis Selasa (6/12).

“Berbicara partisipasi, bukan saja seberapa besar orang datang memberikan hak suara di TPS, tetapi bicara juga tentang seberapa besar partisipasi masyarakat dalam ikut mengawal dan mengawasi seluruh proses tahapan pemilu kita.,” ungkap Herman.

Dijelaskannya partisipasi merupakan element penting dalam Pemilu, dimana rakyat menyerahkan mandatnya secara langsung kepada pemimpin. Partisipasi yang tinggi dapat memberikan legitimasi baik secara hukum maupun moral kepada pemimpin pun sebaliknya melaui pemberian hak pilih/suara.

Menurutnya partisipasi yang tinggi dalam memberikan suara harus dibarengi dengan tingginya kerelawanan masyarakat dalam mengawal agenda demokrasi. “kalau ini dapat berjalan seimbang, maka kualitas demokrasi kita akan lebih baik.” Jelasnya.

Sambungnya, terkait partisipasi Kabupaten Dompu faktanya memiliki tingkat partisipasi yang tinggi di NTB dari Pemilu ke Pemilu, Pilkada ke Pilkada walupun tak dapat dibantah realita data menunjukan bahwa semakin kebelakang tingkat partisipasinya semakin menurun. Setidaknya kalau melihat data partisipasi Pilkada tahun 2010 sebesar 83,69 % menurun di Pilkada Tahun 2015 sebesar 83, 28%.

“ini butuh kerja, dukungan kita semua dan inilah salah satu tujuan kenapa lahir konsep membangun desa demokratis, meningkatkan partisipasi baik dari sisi pemeberian hak suara maupun dari kerelawanan pemilih dalam mengawal agenda demokrasi.” Bebernya dihadapan forum. (Humas/YHY/Pho/ITR)

Related Posts

Tak Hanya Partisipasi memberikan Suara, KPU Dorong Kerelawanan Untuk Mengawal Agenda Demokrasi
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.