Minggu, 20 November 2016

KPU Kabupaten Dompu Gelar Kemah Pemilu

Siapkan Pemilih cerdas dan calon pemimpin berkualitas.

Kemah Pemilu, Kilo 19 - 20 November 2016
Dompu-, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dompu menyelenggarakan Kemah Pemilu bagi pelajar SMA/SMK/MA melalui Perkemahan Sabtu Minggu (Persami). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 (dua) Hari, Mulai tanggal 19 s.d 20 November 2016 bertempat di halaman SMA Negeri 1 Kilo, Kabupaten Dompu.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto dengan upacara bendera diikuti oleh 50 (lima puluh) Peserta dari 3 (tiga) sekolah yakni SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, dan SMK Negeri 1 Kilo.

Dalam amanatnya, Rusdy menyampaikan bahwa kegiatan Kemah Pemilu yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Dompu ini merupakan kegiatan pertama kali dilaksanakan dengan mengambil tema Melalui Kemah Pemilu, Kita siapkan pemilih cerdas dan calon pemimpin berkualitas. Kemah ini merupakan bagian dari pendidikan Pemilih yang secara terus menerus dilaksanakan oleh KPU. Melalui kegiatan ini, lanjutnya kami berharap dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan demokrasi kita dimasa mendatang melalui penanaman nilai-nilai demokrasi dan kepemiluan kepada generasi muda. “Jadi, KPU Bukan saja menyiapkan pemilih cerdas namun di sisi lain kami juga menyiapkan adek-adek untuk menjadi calon pemimpin berkualitas dimasa mendatang.’ Ujarnya yang disambut tepuk tangan peserta kemah.

Lebih jauh Ia juga menjelaskan bahwa Sesungguhnya di era Demokrasi semua orang berhak untuk memilih dan juga berhak untuk dipilih tanpa terkecuali asal memenuhi persyaratan, tentu adik-adik pelajar harus menyiapkan diri mulai sekarang bagaimana memilih pemimpin yang amanah, baik dan benar juga disisi lain harus belajar bagaimana menjadi calon pemimpin yang berkualitas melalui kemah pemilu ini yang nantinya akan diberikan materi-materi tentang pemilu oleh narasumber dari Komisioner KPU Kabupaten Dompu. “kami berharap agar adek-adek mengikuti kegiatan ini dengan serius.” Harapnya 

Perlu diketahui, imbuhnya bahwa salah satu tujuan dari pelaksanan kemah ini adalah dalam rangka melahirkan komunitas peduli pemilu dan demokrasi sebagai agen-agen KPU di sekolah maupun dilingkungan masyarakat dan keluarga masing-masing dalam upaya menyebarkan informasi kepemiluan. ” Kami berharap adik-adik ini nantinya dengan sukarela dapat menyampaikan informasi pemilu yang didapat dari kemah ini untuk disebarluaskan kepada teman, tetangga dan keluarga.” Harap Rusdy.

Kegiatan Kemah Pemilu tersebut juga dirangkaikan dengan penanaman pohon demokrasi.” Semoga demokrasi kita tumbuh subur sebagaimana pohon yang kita tanam hari ini. Untuk itu pohon ini perlu dijaga, dirawat dengan menyiraminya setiap saat begitupun dengan demokrasi kita.” Ujar Rusdy mengawali penanaman pohon.

Untuk diketahui, Adapun  Materi-materi yang disampaikan dalam Kegiatan Kemah Pemilu berpedoman pada modul pelatihan membangun kompetensi dasar kepemiluan dengan materi antara lain Prinsip dasar partisipasi masyarakat dalam pemilu, Prinsip dasar pemilu yang jujur dan adil yang disampaikan oleh Suherman Komisioner Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Lembaga penyelenggara pemilu di Indonesia disampaikan oleh Agus Setiawan Komisioner Devisi Teknis, Tahapan Pemilu disampaikan oleh Sri Rahmawati Komisioner Devisi Anggaran, dan Orientasi Penegakan hukum pemilu yang disampaikan oleh Arifuddin Komisioner Devisi Hukum.   (Humas)




Related Posts

KPU Kabupaten Dompu Gelar Kemah Pemilu
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.