Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Jumat, 21 Oktober 2016

Ketua KPU RI Resmikan RPP Tambora


Keterangan Foto : Ketua KPU RI sedang menggunting pita pertanda diresmikannya RPP Tambora didampingi oleh Ketua KPU Provinsi NTB, Jajajaran Komisioner KPU Kabupaten Dompu, Bupati dan Muspida
Dompu,-Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Juri Ardiantoro, Kamis (19/10) siang meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Tambora KPU Kabupaten Dompu Provinsi NTB. Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan Pita.

Dalam sambutannya Juri menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran KPU Kabupaten Dompu yang telah membentuk RPP Tambora dan telah melaksanakan berbagai macam inovasi dan aktivitas pendidikan pemilihnya dengan baik. Dan Insha Allah program RPP yang telah dikembangkan oleh KPU ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan.

Lanjutnya, dibeberapa daerah tingkat partisispasi pemilih mengalami kemerosotan baik pada penyelenggaraan  Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD, Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden bahkan pada Pemilihan Kepala Daerah, kalau secara nasional rata-rata sekitar 70 % bahkan ada disuatu daerah tingkat partisipasinya hanya 20 % namun partisipasi pemilih di Dompu jauh lebih tinggi yakni diatas 80 %. "Ini menandakan bahwa masyarakat Dompu masih menggangap Pemilu itu penting". Paparnya Sembari mengingatkan bahwa apapun cara dan system pemilihannya, yang terpenting adalah masyarakat berbondong-bondong secara sukarela memberikan hak pilihnya.

Mantan Ketua KPU DKI Jakarta juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah sibuk menyelenggarakan Pilkada serentak Tahun 2017 di 101 Daerah, Persiapan Pilkada serentak di Tahun 2018 dan Pada Tahun 2019 akan menyelenggarakan Pemilu serentak pertama kali secara nasional, yakni pemilu legislatif dan pemilu presiden dilaksnakan secara bersamaan. Tentu karena ini akan dilaksanakan secara bersamaan, tidaklah mudah menyelenggarakannya dengan regulasi dan system yang berbeda. Maka untuk itu, jauh-jauh hari kita harus mempersiapkan diri mengahadapinya.

Maka lanjutnya, Rumah Pintar Pemilu punya peranan yang sangat penting dalam mensosialisasikan apa-apa yang perlu diketahui publik terkait dengan penyelenggaraan pemilu serentak nasional tersebut. “Mudahan dengan diresmikannya RPP Tambora ini, yang dari namanya saja sudah terkenal, maka keterkenalanannya bukan karena namanya semata namun karena program kegiatannya yang dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat Dompu.” harapnya

Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdyanto dalam laporannya berharap agar program pendidikan pemilih yang didalamnya ada Rumah Pintar Pemilu dapat dilaksanakan berkesinambungan, sehingga apa yang menjadi visi KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu yang professional, mandiri dan berintegritas dapat terwujud untuk pemilu yang LUBER dan JURDIL.

Sementara itu, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah usahanya dalam membantu KPU adalah dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apabila kesejahteraan tercapai maka masyarakat akan dengan mudah berpartisipasi dalam pemilu. Lebih lanjut beliau berharap kedepan system pemilu jauh lebih baik dan sederhana baik dari aspek tekhnis dan administrasi penyelenggaraam. ‘ masyarakat cukup memilih dari rumah hanya dengan menggunakan gagdet atau alat elektronik lainnya  sebagaiamna di negara-negara maju.” Jelas Bambang

Untuk diketahui acara yang peresmiannya dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Provinsi NTB, Ketua, Anggota dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi NTB, Muspida, Kepala Dinas/Intansi terkait, Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, Guru dan pelajar serta tokoh masyarakat ini juga dilakukkan penyerahan hadiah pemenang Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan dan Penanaman Pohon Demokrasi yang dilakukkan oleh Ketua KPU RI. (Humas)

Related Posts

Ketua KPU RI Resmikan RPP Tambora
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.