Rabu, 31 Agustus 2016

KPU Dompu Terima Kunjungan Pelajar SMAN 2 Woja

Dompu, kpu.go.id,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompi pada hari Rabu (31/8) mendapat kunjungan dari Pelajar SMAN 2 Woja, Dompu. Pelajar yang tergabung dalam penyelenggara dan peserta Pemilihan OSIS disekolahnya tersebut diterima oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto yang didampingi oleh Komisioner Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Suherman di Ruang Rapat Ketua.

Kunjungan tersebut dilaksanakan untuk berdiskusi dan mendengarkan arahan dari KPU Kabupaten Dompu terkait pelaksanaan Pemilos di Sekolah mereka yang saat ini tengah memasuki masa Kampanye dan persiapan menghadapi debat terbuka calon.

Pada kesempatan tersebut, para pelajar mendengarkan arahan dan bimbingan yang disampaikan oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu terkait dengan proses Pemilu, lebih khusus tentang Pelaksanaan Pemilos di SMAN 2 Woja yang saat ini tengah berlangsung. Rusdy mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilos seyogyanya dapat menjadi wahana pembelajaaran untuk menanamkan nilai-nilai demokratis dikalangan pelajar untuk saling menghargai dan menghormati meski berbeda pilihan. Untuk itu, lanjutnya semoga Pemilos ini berjalan dengan baik,  dilaksanakan secara demokratis dan penuh tanggungjawab baik oleh penyelenggaranya terlebih bagi peserta/calonnya. Calon harus meraih dukungan suara dengan memberikan pendidikan pemilih yang baik, menawarkan visi misi yang rasional dan terukur bukan malah memberikan sesuatu berupa materi untuk meraih simpati “adik-adik ini adalah calon pemimpin masa depan, maka sejak dini harus mulai ditanamkan idealisme yang kuat terlebih dalam memilih pemimpin, jangan terjebak pada transaksional materi. memilih dengan hati nurani, melihat track record serta visi misi dan pogram calonnya.” Jelas Rusdy
Sementara itu, Komisioner Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Suherman dihadapan Ketua Pemilihan OSIS (KPO) SMA N 2 Woja menyampikan bahwa sebagai penyelenggara Pemilu/Pemilos yang terpenting adalah menjaa netralitas dan integritas, tidak boleh memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon. Semua calon dilayani secara setara dan adil. Begitupun untu calonnya, lanjut herman harus terus berupaya meraih dukungan pemilih dengan cara yang santun dan baik serta visi misi yang disampikan harus didalami, dipelajari lebih detail.”Nanti visi misi adik-adik akan diuji pada saat debat terbuka, jadi perlu dipelajari kembali.” Tuturnya.



Antusias Melihat Rumah Pintar Pemilu Tambora

Usai berdiskusi, Pelajar tersebut diajak untuk berkeliling melihat Rumah Pintar Pemilu Tambora. Mulai dari Ruang Pameran yang berisi maket TPS, Panel dinding terntang informasi Sejarah, sistem, hasil, tahapan, penyelenggara dan peserta Pemilu dari waktu ke waktu. Pelajar juga sempat menyaksikan tayangan debat kandidat pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2015 di Ruang diskusi dan Audio Visual.

Ditengah-ditengah pelajar yang asyik melihat panel dinding pentingnya demokrasi dan pemilu,Herman mengatakan bahwa Proses pemilu itu adalah satu sarana/wadah dalam sebuah mekanisme demokrasi untuk memilih satu pemimpin dalam kurun waktu tertentu dan dilaksanakan secara beradab dan dalam sisitem demokrasi siapapun berhak untuk memilih dan dipilih menjadi pemimpin tanpa melihat latar belakang kasta/keturunan seperti pada sistem monarki ataupun tanpa berdasarkan pada  kekuatan fisik/angkatan perang yang dimiliki sebagimana system Diktator." Pemilu yang kita anut saat ini merupakan cara ideal dalam memilih pemimpin." ujarnya 

Pelajar begitu antusias mengunjungi RPP Tambora, terlihat dari seriusnya mereka melihat informasi yang terpajang dan mendengarkan pemaran dari Komisioner KPU Kabupaten Dompu serta antusias mengabadiakan kegiatan tersebut dengan ber selfie dan grufie. (Humas)

Related Posts

KPU Dompu Terima Kunjungan Pelajar SMAN 2 Woja
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.