Jumat, 11 Oktober 2019

KPU DOMPU GELAR RAKOR EVALUASI PELAKSANAAN PEMILU TAHUN 2019

DOMPU- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dompu kamis (10/10) melaksanakan kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan pemilu tahun 2019.
Kegiatan yang dilaksanakan di Cafe Uma Tua itu dihadiri oleh Ketua beserta Anggota KPU Kabupaten Dompu Sekretaris dan Kasubag, Bupati Dompu, Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Kapolres Dompu, Dandim 1614 Dompu. Kepala Kejaksaan Negeri Dompu, Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Dompu, Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu, Kepala Bakesbangpoldagri Kabupaten Dompu, Kepala Sat Pol PP, Kabupaten Dompu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Camat se Kabupaten Dompu hadir pula seluruh Pimpinan Parati Politik.
Saran dan pendapat serta masukan dari seluruh peserta rapat tentang pelaksanaan kegiatan pemilu tahun 2019 yang sukses dilaksanakan di Kabupaten Dompu beberapa bulan yang lalu merupakan hal penting untuk dibahas bersama dalam kegiatan itu yakni mulai dari tahapan persiapan sampai dengan tahapan pelaksanaannya hal ini akan dijadikan acuan dalam menghadapi kegiatan pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Dompu tanggal 23 September 2020.
Ketua KPU Kabupaten Dompu Drs. Arifudin awal sambutanya menyampaikan bahwa pencapaian angka partisipasi pemilih yang tinggi dalam pelaksanaan pemilu calon Anggota DPRD Kabupaten Dompu tahun 2019 sebesar 89.38% adalah hal yang luar biasa dibandingkan dengan pencapaian angka partisipasi pada pemilu sebelumnya disampaing hal itu hal yang membanggakan selesai pelaksanaan pemilu tahun 2019 KPU Kabupaten Dompu Mendapatkan dua penghargaan di ajang KPU Award yaitu Peringkat Pertama (I) Kategori Sosialisasi Paling Kreatif dan Inovatif, Peringkat Tiga (III) Data Pemilih yang Berkwalitas. Hal ini langsung diapresiasi oleh salah seorang mantan anggota DPRD Kabupaten Dompu dari Partai PAN Iwahyudin SE.
"Diakhir sambutan ini saya mengharapkan masukan serta saran dari seluruh peserta rapat mengenai kekurangan dalam tiap tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2019 untuk disempurnakan dalam pelaksanaan pemilukada tahun 2020". Harap Arifudin.
Selanjutnya Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Drs. Irwan mengharapkan agar regulasi masalah tahapan kampenye pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020 lebih awal dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Dompu sebab dinamika dari kegiatan ini sangat kompeleks dan sangat berat dihadapi oleh kami sebagai Badan Pengawas Pemilu hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah proses pencalonan badan adhock khusus PPK dan PPS betul-betul direkrut tenaga yang berkompoten dan berintegritas tinggi dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pemilu maupun pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu tahun 2020. Harapnya tegas.
Memasuki sesi tanya jawab banyak peserta rapat terutama pimpinan partai politik menyorot persoalan DPT yang kurang valit, keterlibatan ASN berpolitik praktis dan banyaknya money politic hal itu dijelaskan secara detail sesuai UU dan aturan yang berlaku oleh Ketua Devisi Tekhnis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Dompu Anshori, SE dan Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Drs. Irwan.




Related Posts

KPU DOMPU GELAR RAKOR EVALUASI PELAKSANAAN PEMILU TAHUN 2019
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.