Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Jumat, 18 Mei 2018

Samakan Pemahaman PPK, KPU Dompu Gelar Bimtek Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi



Dompu,- KPU Kabupaten Dompu melaksanakan bimbingan tekhnis pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTB Tahun 2018 bagi ketua, anggota dan sekretaris PPK se Kabupaten Dompu, Sabtu, (19/5).

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto saat membuka acara mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menyatukan pemahaman dan persepsi PPK terkait dengan tekhnis pemungutan dan pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada hari, Rabu, 27 oleh KPPS dan rekapitulasi penghitungan suara yang dilaksanakan oleh PPK di tingkat kecamatan. 

"Kami harap output bimtek ini disamping PPK mengetahui dan paham tekhnisnya, PPK juga menindaklanjuti kegiatan ini dengan melakukan bimtek bagi PPS dan KPPS di wilayahnya masing-masing." Ujarnya

Lebih jauh Rusdy menjelaskan bahwa kalau mencermati peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2018 Tentang Pemungutan dan penghitungan suara bahwa ada sebagian hal-hal yang berubah dari pemilu atau pilkada sebelumnya. Diantaranya bahwa ada ketentuan bagi pemilih yang akan memberikan hak pilih di TPS, selain membawa C6, pemilih wajib menunjukan KTP Elektronik atau Surat Keterangan. Selain itu, ada juga kewajiban KPPS untuk mengembalikan C6 dari pemilih pada saat pemungutan dan penghitungan suara nanti. 

"Hal-hal baru dalam Peraturan KPU ini, kita wajib laksanakan. Untuk itu, tugas kita sekarang harus mensosalisasikannya secara masif." Himbau Rusdy seraya mengingatkan bahwa tahapan pemilihan gubernur saat ini begitu padat, maka ia mengharpkan agar seluruh jajaran PPK, PPS dan sekretariatnya tetap solid.

Ia juga mengingatkan bahwa nantinya agar bimtek yang dilaksanakan baik oleh PPK maupun PPS kepada KPPS nya harus lebih detail dan tekhnis, sehingga mereka bisa memhami langkah-langkah atau tata cara pemungutan dan penghitungan suara dengan baik. "Ingatkan KPPS nya yang saat ini sedang direkrut agar nanti bekerja dengan baik sesuai dengan SOP yang ada." Pungkas Rusdy. (Humas)

Related Posts

Samakan Pemahaman PPK, KPU Dompu Gelar Bimtek Pemungutan, Penghitungan dan Rekapitulasi
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.