Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Jumat, 05 Januari 2018

20 Januari, KPU Canangkan Gerakan Coklit Serentak

Jakarta,- KPU RI akan melaksanakan Gerakan Coklit Serentak Tanggal 20 Januari 2018 dengan melibatkan Ketua dan anggota KPu RI, KPU/KIP Provinsi, KPU/KIP, Kabupaten/Kota, PPK, PPS dan KPPS yang melaksanakan Pilkada Sernetak Tahun 2018.

Kegiatan merupakan Upaya KPU untuk Mendorong Penyelenggara Pemilu bekerja dengan baik dan masyarakatnya aktif berpartisipasi dengan penuh kegembiraan.

Hal itu disampaikan Ketua KPU RI, Arif Budiman pada acara peresmian gerakan coklit serentak tahin 2018, Jum'at (4/1) di Jakarta.

Menurutnya gerakan ini akan memberi sinyal positif kepada masyarakat pemilih untuk mengecek daftar namanya apakah ada dalam Daftar Pemilih atau tidak. "Disamping itu juga gerakan ini juga mengingatkan kepada penyelenggara bahwa banyak pihak semua akan melihat kegiatan ini". Papar Arif.

Pada kesempatan itu, Arif juga menjelaskan tentang arti simbol yang ada pada gerakan coklit serentak bahwa tanda centang paling besar maknanya adalah mencocokkan data pemilih, Buku kerja maknanya bahwa setiap detail pekerjaan dicatat, sementara makna
Kaca pembesar adalah melakukan kegiatan coklit dengan cermat dan teliti.

Sementara itu, anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin yang hadir di acara itu mengatakan ada 2 hal yg berbeda dari sebelum yaitu "sinergi " antara Bawaslu dan KPU. Data pemilih pilkada beriringan dengan data pemilih Pileg dan Pilpres Tahun 2019. Untuk itu, Bawaslu saat ini sedang menyiapkan pengawasan coklit dengan merekrut PPL dan sekaligus mengawasi tahapan.

Lanjutnya, Penyelenggara pemilu baik Bawaslu dan KPU sama tujuan dan keinginannnya makanya perlu kebersatuan.

"Membangun hubungan baik, proses berjalan baik, harapannya Kualitas pemilu semakin baik". Tandasnya.

Gerakan coklit serentak yang dicanangkan KPU ini mendapat apresiasi dari Prof Teguh Prasetio. "Apresiasi inovasi KPU, Pemilu akan berjalan dengan baik kesadaran penyelenggara melaksanakan pemilu pemilu berintegritas dan bermartabat." Pesannya (Humas)

Related Posts

20 Januari, KPU Canangkan Gerakan Coklit Serentak
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.