Jumat, 04 Agustus 2017

KPU Dompu Fasilitasi Pemilos SMP Negeri 1 Woja


Woja,- Pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua osis SMP Negeri 1 Woja yang difasilitasi oleh KPU Kabupaten Dompu memasuki tahapan kampanye dalam bentuk debat pasangan calon, sabtu (5/7) bertempat di halaman sekolah tersebut.

Dalam sambutannya Kepala SMP Negeri 1 Woja yang di wakili oleh Wakil Kepala sekolah, Abdul Hamid menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua Osis ini bagian dari penjabaran demokrasi yang kita laksanakan. 

Pendidikan demokrasi begitu penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk salah satunya dalam memilih pemimpin secara langsung. "Dalam pendidikan kewarganegaraan saya kira semuanya sudah ada tentang pendidikan demokrasi itu, tinggal bagaimana penerapannya hari ini melalui pemilihan osis". Paparnya.

Kemudian imbuhnya, debat yang kita laksanakan pada saat ini bagian dari cara kita untuk melihat sejauhmana komitmen para calon ketua dan wakil ketua osis ini ketika terpilih nanti melalui penyampaian visi dan misinya.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Dompu Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Suherman menjelaskan bahwa Indonesia adalah salah satu negara demokrasi dimana cirinya adalah dipilihnya pemimpin melalui mekanisme pemilu/pemilihan secara demokratis. "Adik-adik mau jadi presiden, gubernur, bupati/walikota atau mau jadi anggota DPR harus melalui Pemilu bahkan menjadi kepala desa harus melalui pemilihan. "Jelasnya.

Lanjut Herman, pemilu memiliki tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan oleh penyelenggara pemilu yang salah satunya adalah tahapan kampanye. Di dalam tahapan kampanye, ada salah satu metode atau cara berkampanye yaitu melalui debat pasangan calon.

"Di forum debat ini adik-adik pasangan calon silahkan menyampaikan visi, misi dan program kerja secara baik dengan tujuan agar pemilih bisa memilih adik-adik nantinya dan buat adik-adik yang akan memilih, mari cermati visi misi dan program pasangan calonnya kemudian tentukan pilihannya." Himbaunya.

Terlihat di lapangan debat pasangan calon dalam pemilihan Osis SMP Negeri 1 Woja yang dikuti oleh tiga pasangan calon ini berlangsung meriah. Terlihat dari sorak sorai, tepuk tangan dan yel-yel dari masing-masing pendukung pasangan calon tak henti-henti pada setiap sesi debat. 

Dalam debat tersebut secara garis besar, ketiga pasangan calon menyampaikan visi misi dan program kerja meliputi peningkatan kedisplinan siswa, memajukan kegiatan-kegiatan intra maupun ektrakurikuler sekolah, menyiapkan siswa yang handal dan siap mengikuti kompetisi antar sekolah. Selanjutnya pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017 akan dilaksanakan tahapan pemungutan dan penghitungan suara. (Humas)

Related Posts

KPU Dompu Fasilitasi Pemilos SMP Negeri 1 Woja
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.