Kamis, 06 Oktober 2016

KPU Provinsi NTB Laksanakan Kursus Pemilu dan Demokrasi di Dompu

Aksar : “Pemilu dan Proses Demokrasi Milik Masyarakat”

DOMPU -  Pemilu dan Proses Demokrasi itu adalah milik masyarakat dan yang menentukan hasil demokrasi itu adalah masyarakat maka kami ingin bersama masyarakat, demikian sampaikan oleh Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Anshori, dalam sambutannnya saat membuka kegiatan Kursus Pengembangan Kompetensi  Komunitas  Peduli  Pemilu dan Demokrasi, di Aula Sekretariat KPU Kab. Dompu, Rabu (5/10).

Kursus Pemilu yang dikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari berbagai segmen diantaranya komunitas angkatan,  Guru PPKN, kader  posyandu, Bidan, dan penyandang Disabilitas. Dan Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya.

Dijelaskan, sebenarnya banyak kegiatan yang dirancang untuk kegiatan pendidikan pemilih, tetapi karena keterbatasan dana,  maka KPU NTB dan KPU Kabupaten Kota hanya membuat RPP “kegiatan kursus hari ini, akan berdiskusi tentang pemilu dan demokrasi, yang melibatkan peserta sebanyak 30 orang yang berasal dari berbagai komunitas”, terangnya.

Aksar mengatakan, kita patut berbangga, karena Program Pendidikan Pemilih yang dilaksanakan saat ini, hanya diberikan kepada 9 Provinsi se-Indonesia, dan salah satunya adalah Provinsi NTB, dan dua Kabupaten yang menjadi pilot projek untuk pendidikan pemilih yakni Kabupaten Dompu dan Bima.

Dalam melaksanakan pendidikan pemilih tersebut, KPU Prov. NTB, dan KPU Kab. Dompu, Kab. Bima, sudah mendirikan RPP (Rumah Pintar Pemilu), yang didalamnya menyiapkan materi yang memperkenalkan, menanamkan kesadaran dan menginspirasi masyarakat akan pentingya nilai – nilai demokrasi, mulai dari proses pemilu, dan simulasi proses pemilihan, dan yang paling penting, RPP dapat menjadi wadah bagi komunitas pegiat pemilu dalam melahirkan gagasan pembaruan dan proses perbaikan politik dan demokrasi, untuk itu, “Mari datang dan kunjungi KPU Prov. NTB dan KPU Dompu teman-teman komunitas diberikan akses seluas luasnya, setiap saat dapat berdiskusi, bertukar pikiran melahirkan gagasan dan ide yang cemerlang untuk perbaikan pemilu dan demokrasi”, papar Aksar. (Humas/Rp)

Related Posts

KPU Provinsi NTB Laksanakan Kursus Pemilu dan Demokrasi di Dompu
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.