Jumat, 23 September 2016

KPU Provinsi NTB Akan Melaksanakan Kursus Kepemiluan Di Dompu

KPU Provinsi NTB berencana melaksanakan Kursus Kepemiluan Bagi Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi di Kabupaten Dompu pada tanggal 5 Oktober 2016. Hal tersebut sesuai dengan surat Nomor: 473/KPU-Prov-017/IX/2016 prihal Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi Kabupaten Dompu anggal 20 September 2016. Dalam suratnya tersebut, KPU Provinsi NTB meminta kepada KPU Kabupaten Dompu memfasilitasi tempat dan menyiapkan peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang untuk untuk mengikuti kegiatan dimaksud.
Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansari Mengatakan Bahwa Kursus Kepemiluan bagi Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi adalah upaya KPU NTB dan KPU Dompu "memasyarakatkan" pemilu dan demokrasi, sehingga Pemilu dan Demokrasi dalam prakteknya tadak semata menjadi milik Penyelenggara dan Peserta Pemilu.

Sebagaimana  diketahui lanjutnya, bahwa sesuai amanah Konstitusi (pasal 1 ayat 2 UUD 1945) yaitu kedaulatan ada di tangan rakyat, sehingga tidak ada demokrasi tanpa kedaulatan rakyat. Artinya, demokrasi dan pemilu harus disertai partisipasi rakyat. Maka, salah satu program KPU saat ini dalam meningkatan partisipasi rakyat yakni Program pengembangan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi melalui Kursus Kepemiluan bagi
Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi. “Melalui kursus ini diharapkan akan tumbuh embrio komunitas peduli pemilu dan demokrasi yang akan menjadi mitra strategis KPU dalam meningkatkan kualitas Pemilu dan Demokrasi, khususnya di Dompu.” Harapnya.

Sementara Ketua Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Dompu, Suherman mengatakan bahwa menindak lanjuti surat tersebut, Komisioner, Sekretaris dan Jajaran Kasubag telah melaksanakan rapat persiapan pada Jum’at (23/9) bertempat di Aula. Dalam rapat tersebut, telah disimpulkan bahwa prinspinya KPU Kabupaten Dompu siap memfasilitasi kegiatan tersebut baik menyiapkan tempat, sarana dan prasarana termasuk menghadirkan peserta sebanyak 30 (tiga puluh) orang. 


Lanjutnya, peserta tersebut, berasal dari Komunitas-komunitas yang selama ini telah beberapa kali mengikuti kegiatan-kegiatan di KPU Kabupaten Dompu diantaranya Komunitas Disabilitas, Guru PPKN, PGRI, Motor, OSIS, Mahasiswa, Bidan, Kader Posyandu, Angkatan/Alumni, Media/Pers dan Komunitas MC yang ada di Kabupaten Dompu. “Kami siap mefasilitasi apapun yang menjadi kebutuhan KPU provinsi dalam melaksanakan Kursus Kepemiluan ini.” Tegasnya

Untuk diketahui dalam upaya pengembangan Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi, KPU Kabupaten Dompu telah beberapa kali melaksanakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan Komunitas, diantaranya diskusi, seminar, dan nongkrong bareng Komunitas. (Humas)



Related Posts

KPU Provinsi NTB Akan Melaksanakan Kursus Kepemiluan Di Dompu
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.