Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Jumat, 26 Agustus 2016

KPU Dompu Gelar Temu Media dan Pers

Dompu-, KPU Kabupaten Dompu melaksanakan temu media dan pers, Kamis (25/8) bertempat di Ruang Media Center. Hadir dalam acara tersebut, seluruh Komisioner, sekretaris dan pejabat di Lingkup sekretariat. 

Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdyanto dalam pengantarnya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari cara kami mendekatkan diri, membangun komunikasi dengan media dan pers di Kabupaten Dompu. Sebagaimana diketahui bahwa media dan pers punya peranan yang besar sebagai menyebar informasi ditengah banyak keresahan pihak-pihak yang pesimis terhadap penyelenggaraan pemilu.

Lanjut Rusdy, banyak keresahan ditengah masyarakat dan telah diungkapkan semua pihak, apakah itu Komunitas Pemuda, Akademisi, LSM, pelajar dan guru terlebih Partai Politik, yakni terkait dengan praktik politik uang pada penyelenggaraan Pemilu/Pilkada. Untuk itu mari kita bersama-sama mencarikan solusi menghadapi keresahan tersebut. 

Saat ini, ujar Rusdy KPU Kabupaten Dompu dalam menjawab keresahan tersebut sesuai dengan tugas dan kewenanganya adalah dengan melaksanakan pendidikan pemilih dan mendorong semua pihak agar secara bersama melaksanakannya. Contohnya, kedepan kami memiliki program untuk bagaiman mensupervisi, sosialisasi pada penyelenggaraan Pilkades serentak yang akan datang. “Minimal kita jadikan satu desa sebagai pilot projek, kita focus mensupervsinya sejak pembentukan kepanitiaan sampai pada tahapan selanjutnya kemudian mari kita secara bersama lihat hasilnya.” Ujar rusdy.

Sementara itu, Ketua Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Suherman menyampaikan bahwa saat ini KPU sedang menggaungkan tentang transparansi dan integritas penyelenggara pemilu menuju pemilu berkualitas. Beberapa program yang telah dan akan dilaksanakan adalah diantaranya Pelayanan Informasi dan Dokumentasi. KPU saat ini melayani secara langsung/manual pelayanan permintaan data sesuai dengan prosedur yang berlaku. Disamping itu, KPU juga melayani secara online telah memiliki Elektronik PPID (e-PPID) http://ppid.kpu-dompukab.go.id sebagai wahana masyarakat mengetahui, melihat dan mengakses data informasi kepemiluan dengan praktis, efektif dan efisien. Disamping itu, KPU Kabupaten Dompu juga memiliki laman website http://kpu-dompukab.go.id dan laman Facebook Humas KPU Kab. Dompu. 

Lanjut Herman, program lainnya adalah pedidikan pemilih dengan cara membangun Rumah Pintar Pemilu Tambora, Melaksanakan diskusi/seminar dengan komunitas, Melaksanakan fasilitasi Pemilihan Ketua OSIS dan berencana akan melaksnakan Lomba-lomba kepemiluan, lomba cerdas cermat dan lomba debat.” Ini bagian dari ikhtiar kami untuk memberikan kesadaran kepada pemilih agar berpartisipasi dalam mewujudkan pemilu berkualitas.” Ujarnya.

Sementara itu dari kalangan Media dan pers sebagian besar memberikan apresiasi terhadap kinerja jajaran KPU Kabupaten Dompu dalam melaksanakan tugasnya. Namun, mereka juga memberikan masukan, catatan yang perlu diperbaiki kedepan bagaimana agar praktik poltik uang ini bisa diminimalisir. “Kita tidak boleh psimis dengan situasi ini, mari kita optimis untuk mengurangi prktek ini, tentu saja butuh peran semua pihak.” Ujar Nasrullah, Wartawan Suara NTB. Lanjutnya disamping itu, niatan KPU Kabupaten Dompu untuk mensupervisi pelaksanaan Pilkades Serentak harus diapresiasi dan kita dukung bersama. (Humas)

Related Posts

KPU Dompu Gelar Temu Media dan Pers
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.