Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Senin, 11 Juli 2016

KPU Ways

“KPU Ways"
Menjadi bagian dari KPU merupakan salah satu jalan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menegakkan nilai-nilai demokrasi dan pemilu di indonesia, khusunya di Bumi Nggahi Rawi. Dalam diri kami sebagai penyelenggara Pemilu (Komisioner KPU) telah disemat tiga kata yakni mandiri, profesional dan integritas yang merupakan jati diri dan panduan dalam mengemban tugas menyelenggarakan pemilu dan pilkada. Tiga hal tersebut yang sekarang sering disebut dengan "KPU Ways".

Pertama, Mandiri. Sesuai Undang-Undang bahwa KPU bersifat mandiri artinya setiap keputusan-keputusan, kebijakan yang di ambil oleh kami secara kolektif kolegial tanpa intervensi, campur tangan pihak lain. Pun dengan pribadi-pribadi kami yang tidak terlibat maupun melibatkan diri kedalam kelompok/golongan tertentu khususnya menjadi bagian partai politik maupun calon. 
Kedua, Profesional. Profesional bermakna bahwa Kami menjalankan amanah sesuai tugas dan fungsi. Dalam mewujudkan profesionalisme tersebut telah dilaksanakan dengan berbagai macam cara setidaknya ada tiga cara. Diantaranya pertama, dengan meningkatkan kualitas SDM penyelenggara pemilu, Pejabat maupun staf. Kami mendorong agar seluruh staf mulai dari Satpam hingga Komisionernya dapat mengoperasikan komputer, memberikan pengarahan/pembinaan secara kontinue baik lewat apel pagi dan sore setiap hari maupun melalui pendidikan dan pelatihan secara berkala. Dalam mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman, Kami MELARANG pejabat dan staf merokok dalam gedung kantor. Kedua, Pengelolaan dan pelayanan informasi dokumentasi. Dalam mewujudkan keterbukaan informasi sesuai tuntutan Undang Keterbukaan Informasi Publik, Kami telah menyediakan ruang media center sebagai pusat pelayanan informasi dokumentasi bagi siapapun yang di dalamnya mengelola informasi web site, E-PPID, Laman Facebook dan pembuatan Jurnal KPU Kabupaten Dompu. Disamping itu, untuk menjaga sinergitas, transparansi dan publikasi informasi, kami juga melaksanakan temu media/pers secara berkala yang di kemas dalam kegiatan nongkrong/ngopi bareng. Kami juga mengarahkan para staf yang aktif di media sosial agar apapun kegiatan/aktifitasnya di kantor dapat terpublikasi. Ketiga, melaksanakan pendidikan pemilih secara masif, sistematis dan berkesinambungan. Salah satu konsep pendidikan pemilih upaya meningkatkan partisipasi adalah dengan didirikannya Rumah Pintar Pemilu Tambora. Adapun program-program yang telah dilaksanakan dan direncanakan kedepannya, antara lain Diskusi/seminar/workshop, KPU goes to school, Fasilitasi Pemilihan Ketua Osis SMA/SMK/MA, Kegiatan Lomba-lomba Pemilu, Pameran Pemilu, Pengembangan komunitas peduli demokrasi dan pemilu, visited to RPP Tambora, KPU Bangun Desa Sadar Demokrasi, dan sebainya. Dengan segala kerendahan hati, bicara partisipasi, data menunjukkan bahwa angka partisipasi di Kabupaten Dompu yang tertinggi di NTB baik di Pemilu legislatif 2014 maupun Pilkada 2015. Salah satu yang meningkatkan angka partisipasi adalah karena DPT nya lebih akurat dan valid yang dilakukkan melalui pemutakhiran data pemilih yang menggunakan sistem peta TPS, dengan segala kekurangan merupakan satu-satu instrument yang tidak di gunakan daerah lain di NTB.

Ketiga, Integritas. Integritas bermakana satunya ucapan dengan perbuatan/aktifitas yang kami laksanakan sebagai penyelenggara pemilu. Salah satu indikatornya adalah terlaksananya pemilu/pilkada sesuai dengan tahapan mengacu kepada kerentuan perundang-undangan. Integritas juga bicara komitmen, komitmen menjalankan tugas, kewenangan dan kewajiban dengan penuh tanggung jawab dan amanah yang dibuktikan dengan bekerja penuh waktu dan melaksanakan rapat pleno secara berkesinambungan jauh sebelum SE 315 dan SE 317 keluar. Adapun rapat pleno yang dilaksanakan adalah rapat pleno secara priodik, Rapat pleno ini dilaksanakan setiap minggu dengan agenda evaluasi progres kegiatan mingguan setiap hari senin. Bulanan, Rapat ini dilaksanakan setiap bulan dengan agenda evaluasi progres program dan anggaran setiap bulan. Triwulan, Rapat ini dilaksanakan setiap sekali dalam 3 bulan dengan agenda pelaporan penggunaan anggaran triwulan. Tentatif, rapat ini dilaksanakan secara situasional apabila ada hal-hal yang urgent untuk dibahas.
Itulah cara kami "KPU Ways" KPU Kabupaten Dompu dalam mewujudkan Kemandirian, Profesionalisme dan Integritas sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Dompu dengan istiqomah melalui Ketua dan Aggota KPU Kabupaten Dompu yang fokus bekerja di KPU, tidak bekerja dan berprofesi lain di luar KPU. Semoga cara ini dinilai sebagai ibadah yang akan dihitung dan dipertanggungjawabkan kelak sebagai amal ibadah. Amin....!!

Related Posts

KPU Ways
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.