Selasa, 17 Mei 2016

KPU Dompu Gelar Nongkrong Bareng Bersama Media Dan Pers

Dalam upaya membangun sinergitas, penyampaian informasi dan program kerja KPU Tahun 2016, KPU Kabupaten Dompu gelar nongkrong bareng bersama media dan pers di Taman Kota, Jum’at (13/05). Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Komisioner KPU, Sekretaris, Pejabat struktural lingkup sekretariat dan jajarannya serta para awak media dan pers baik dari media cetak maupun media elektronik yang ada di Kabupaten Dompu.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto dihadapan para awak media dan pers menyampaikan Kegiatan ini bertujuan membangun sinergitas KPU dengan media massa dan pers di Kabupaten Dompu sekaligus sebagai wahana penyampaian informasi Pilkada/Pemilu dan program kegiatan KPU kepada media terlebih kepada publik/masyarakat Dompu. Karena kami menyadari peran pers begitu besar sebagai penyambung informasi kepada publik. Sambungnya, media dan pers sebagai stakeholders pendukung bagi penyelenggara Pemilu selama ini telah memberikan kontribusi yang besar terhadap proses demokrasi terutama pada penyelenggaraan Pilkada Dompu Tahun 2015 sehingga Pilkada kita dapat berjalan aman dan lancar.

Penyampaian program kegiatan KPU ini ujar Rusdy merupakan upaya menepis anggapan bahwa KPU bekerja saat berlangsungnya tahapan penyelenggaraan pemilu/pilkada saja padahal realnya tidak demikian, sebagai lembaga independen dan profesional KPU tetap bekerja dalam rangka membangun demokrasi dan pemilu yang lebih baik. “ Jadi tidak benar kalau ada yang menyatakan KPU itu tidak bekerja paska tahapan Pemilu/pilkada selesai buktinya setiap hari kami masuk kantor dan melaksanakan seluruh program kerja di masing-masing bidang/devisi.” Tegasnya.

Lebih lanjut Rusdy menyampaikan KPU berkomitmen sebagai lembaga yang transparan, akuntabel dan profesional setidaknya dapat dilihat dari penyebarluasan informasi secara terbuka melaui web, laman facebook dan Elektronik PPID sebagai wujud dari akuntabilitas publik disamping terus meningkatkan kwalitas SDM penyelenggara pemilu dengan melakukkan kegaiatan-kegiatan pembinaan, pendidikan dan pelatihan kepada seluruh pegawai di KPU dalam upaya mewujudkan Penyelenggara yang profesional serta secara konsisten dan kontinyu memberikan pendidikan pemilih kepada pemilih baik pada pra, saat maupun paska pemilihan. Untuk diketahui bebernya, KPU Dompu saat ini adalah salah satu daerah yang dijadikan sebagai pilot projek pusat pendidikan pemilih dari 18 kab/kota se Indonesia dan dalam rangka mewujudkan hal tersebut kami telah memiliki Rumah Pintar Pemilu Tambora yangg saat ini sedang didesign tempat, sarana dan prasarannya.” Insha Allah setelah puasa, Rumah Pintar Pemilu telah bisa kita selesaikan dan dipergunakan untuk kegaiatan edukasi pemilih.” Ujarnya

Rusdy menambahkan, saat ini juga pihaknya tengah melakukkan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sesuai dengan arahan/instruksi dari KPU sebagai upaya KPU dalam mewujudkan data pemilih yang akurat dan valid. Untuk itu, Pihaknya secara intens telah berkoordinasi dengan Dukcapil agar disiapkan data-data pemilih yang telah pindah, meninggal, dan pemilih yang telah berumur 17 tahun per 30 Juni 2016.


Pada kesempatan tersebut, semua anggota KPU juga menyampaikan informasi dan program di masing-masing bidang/devisi yang meliputi informasi mengenai Pilkada yang telah berjalan aman dan lancar, laporan penggunaan keuangan Pilkada yang telah disampaikan ke Pemerintah Daerah, penyebarluasan informasi, pengembangan SDM dan pendidikan pemilih serta terkait dengan proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang saat ini tengah dalam proses. Disamping itu, KPU Kabupaten Dompu telah memiliki Rumah Pintar Pemilu Tambora sebagai wahana edukasi masyarakat dalam mengenal dan memahami demokrasi.

Menanggapi informasi dan program yang telah disampaiakn oleh KPU, wahyudin salah satu dari perwakilan Pers menyatakan bahwa KPU kedepan perlu membenahi pemutakhiran data pemilih agar lebih akurat dan valid salah satu caranya dengan memaksimalkan rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih. “kami berharap agar kedepan PPDP itu bekerja secara cermat dan professional.” Harapnya.

Sementara itu, Abdul Muis perwakilan dari media Lombok Post menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada kinerja KPU dalam hal pelaksanaan Pilkada dan Pengelolaan serta pelayanan terhadap informasi publiknya yang transparan. Namun, mantan ketua PWI Kabupaten Dompu ini juga memberikan catatannya terkait masih banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang terjadi saat pelaksannaan Pilkada terutama menyangkut “money politik” yang meskipun secara hukum pelanggaran tersebut tidak bisa dibuktikan namun secara de facto, itu nyata adanya pada perilaku masyarakat dan calon. Keadaan ini memperparah kondisi demokrasi dan Pemilu kita. “kedepan kita berharap agar ada perbaikan system, regulasi terkait persoalan ini suapaya kualitas demokrasi kita akan lebih baik dan ini bukan saja menjadi tanggung jawab penyelenggara namun semua element masyarakat termasuk kita selaku pers.” Harapnya. (Humas)

Related Posts

KPU Dompu Gelar Nongkrong Bareng Bersama Media Dan Pers
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

1 komentar :

Tulis komentar
avatar
23 Mei 2016 06.20

Mantab pak,
harus sering-sering diadakan nih

Reply