Kamis, 28 April 2016

KPU DOMPU DIRIKAN RUMAH PINTAR PEMILU TAMBORA

KPU DOMPU DIRIKAN RUMAH PINTAR PEMILU TAMBORA

"Bagian dari ikhtiar meningkatkan kualitas demokrasi dan pemilu melalui pendidikan pemilih yang terkonsolidasi". Suherman

KPU KAB. DOMPU - Jln. Bhayangkara No. 6 Dompu
Pendidikan pemilih merupakan suatu usaha sadar menanamkan nilai-nilai tentang demokrasi dan pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara kepada warga negara yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih dalam pemilu atau potensial pemilih dalam rentang waktu kemudian. Pendidikan pemilih menjadi penting dilihat dari beberapa alasan, pertama membantu penyelenggara pemilu melaksanakan pemilu dengan baik. Semakin banyak pemilih yang paham dengan proses pemilu dan demokrasi dapat meringankan dan memudahkan kerja dari penyelenggara pemilu karena masing-masing sudah paham dengan proses dan bagaimana pemilih seharusnya bertindak. Kedua, Meningkatkan partisipasi pemilih baik secara kunatitatif dengan meningkatnya angka partisipasi maupun secara kualitatif kesadaran kritis untuk mengontrol, mengawasi tahapan dan proses pemilu. Ketiga, memperkuat system demokrasi. Pendidikan pemilih membentuk nilai dan kesadaran akan peran, hak, dan tanggungjawab serta kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kerangka mewujudkan pendidikan pemilih yang terstandar, sistematis dan berekesinambungan dari aspek materi, sarana prasarana, bahan dan alat peraga serta tenaga pedidik. KPU Kabupaten Dompu sebagai salah satu daerah dari 18 kabupaten/kota di Indonesia yang dijadikan sebagai pilot projek pusat pendidikan pemilih telah membentuk sebuah wadah pendidikan pemilih yang dinamakan Rumah Pintar Pemilu Tambora.

Komisioner, Ketua Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Suherman mengatakan bahwa Rumah Pintar Pemilu Tambora ini merupakan sebuah konsep pendidkan pemilih yang dilakukkan dengan memanfaatkan beberapa ruangan yang ada di KPU Kabupaten Dompu untuk melakukkan aktifitas pendidikan pemilih. Jadi, KPU Kabupaten Dompu nantinya akan menyediakan 4 (empat) ruangan, diantaranya Ruang Diskusi, Pameran, Simulasi dan Ruang Audio Visual. Keempat ruangan tersebut memiliki fungsi edukasi dan tampilan masing-masing. Ruang Diskusi merupakan ruang audiensi atau pertemuan/diskusi/worshop/seminar tentang pemilu dan demokrasi dengan mengundang/memfasilitasi masyarakat umum dari berbagai segment yang akan melakhirkan banyaka ide/gagasan/evaluasi untuk proses perbaikan pemilu dan demokrasi. Ruang pameran merupakan untuk menampilkan panel-panel, data-data inforgrafik pemilu dan pilkada, serta informasi-inforamsi tentang pemilu. Ruang simulasi merupakan ruang tempat melakukan simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara. Sedangkan ruang audio visual merupakan ruang dimana akan ditampilkan, pemutaran video/film tentang kepamiluan yang meliputi, sejarah pemilu, sejarah KPU, tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu dan sebagainya. “Alhamdulillah keempat ruang tersebut telah disiapkan dan dalam waktu dekat akan ditata dengan baik.” Jelasnya

Dia menambahkan Rumah pintar pemilu tambora sebagai wahana edukasi bagi masyarakat kedepannya bisa dijadikan sebagai museum demokrasi di Bumi Nggahi Rawi Pahu. Namun tentu saja apa yang dilaksanakan oleh KPU saat ini sebagai ikhtiar membangun demokarsi dan pemilu kita kearah yang lebih baik tidak akan berjalan dengan maksimal tanpa adanyanya kerja sama/dukungan semua pihak di daerah. Untuk itu, dia mengajak dengan sadar kepada masyarakat umum, partai politik, akademisi, instansi/institusi pendidikan, terutama mahasiswa dan pelajar untuk nantinya memanfaatkan wadah ini sebagai tempat berdiskusi, bersimulasi dan menimba pengetahuan dan pengalaman tentang demokrasi dan pemilu.”harapnya.


Untuk diketahui bahwa pembentukan Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program nasional KPU RI dimulai sejak Tahun 2015 dengan Jumlah 27 Daerah yang terdiri dari 9 provinsi dan 18 kabupaten/kota se Indonesia. Dimana daerah tersebut menjadi bagian dari pilot projek pusat pendidikan pemilih. (Humas)



Related Posts

KPU DOMPU DIRIKAN RUMAH PINTAR PEMILU TAMBORA
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.