Jumat, 18 Maret 2016

TAHAPAN AKHIR PILKADA, KPU DOMPU LAKUKAN EVALUASI DAN PELAPORAN

TAHAPAN AKHIR PILKADA, KPU DOMPU LAKUKAN EVALUASI DAN PELAPORAN

Suherman - Divisi SDM
Dompu,- Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Dompu pada Tahap akhir penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2015 sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan melakukkan evaluasi dan pelaporan. Sebagaimana diungkapkan oleh Suherman, Ketua Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM.

“Insya Allah di bulan Maret ini semua evaluasi dan pelaporan mengenai penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2015 akan dituntaskan sesuai tahapan dan jadwal” terangnya. 

Herman menjelaskan untuk evaluasi, ada dua kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Dompu, membuat laporan evaluasi pelaksanaan tahapan Pemilihan dan melakukkan Focus Group Discussion (FGD). Untuk laporan evaluasi dilaksanakan untuk mengidentifikasi permasalahan di seluruh tahapan penyelenggaraan baik dari aspek administrasi, tekhnis maupun hukum. Sementara untuk FGD dilakasanakan sebagai sarana mengekplorasi lebih mendalam terkait permasalah-permasalahan yang muncul pada setiap tahapan pemilihan dan mencari ide/gagasan yang solutif untuk direkomendasikan sebagai bahan perbaikan pada pemilu selanjutnya. Adapun yang akan diundang dalam FGD tersebut adalah dari kalangan akademisi, partai politik, pengawas pemilihan dan stakeholders. “Kami berharap ada sumbangsih ide dari peserta diskusi untuk perbaikan pemilu yang akan datang” Harapnya

Kemudian mengenai pelaporan, Herman menyatakan bahwa saat ini KPU Kabupaten Dompu sedang menyusun Buku Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2015 yang berisi gambaran pelaksanaan kegiatan pada seluruh tahapan mulai dari tahapan persiapan hingga tahapan pelaksanaan pemilihan. Buku data dan infografik yang memuat tentang data-data dan grafik-grafik, seperti data dan grafik jumlah Penyelenggara Badan Ad-hock (PPK, PPS dan KPPS), jumlah Kecamatan, jumlah Desa/kelurahan, jumlah TPS, Data jumlah penduduk dan pemilih (DP4 dan DPT), Data Jumlah Perolehan suara pasangan calon di seluruh Kecamatan, Data Tingkat Partisipasi Pemilih dan sebagainya. Nantinya buku-buku tersebut akan disampaikan kepada KPU, KPU Provinsi, Pemerintah Daerah dan Masyarakat.


Related Posts

TAHAPAN AKHIR PILKADA, KPU DOMPU LAKUKAN EVALUASI DAN PELAPORAN
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.