Selasa, 29 Maret 2016

EVALUASI TAHAPAN PILKADA, KPU DOMPU GELAR FGD

EVALUASI TAHAPAN PILKADA, KPU DOMPU GELAR FGD

KPU Kabupaten Dompu menggelar Focus Group Discussion (FGD) evaluasi tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2015 bertempat di Aula KPU setempat, Selasa (29/3). 
Kegiatan dalam rangka mengevaluasi tahapan penyelenggaraan Pemilihan tersebut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Provinsi NTB, Lalu Aksar Ansori. Serta dihadiri oleh Perwakilan Pemerintah Daerah, Akademisi, Pengawas Pemilihan, Partai Politik, Pers, LSM, Praktisi Hukum dan Tokoh Masyarakat sebagai narasumber serta seluruh Komisioner KPU Kabupaten Dompu. 

Dalam pengantarnya Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto mengatakan kegiatan FGD ini untuk mengevaluasi secara objektif seluruh tahapan pilkada yang telah diselenggarakan oleh pihaknya mulai tahapan persiapan sampai dengan tahapan penyelenggaraan.” Kalau kami menilai sendiri, tentu terkesan subjektif. Untuk kami butuh evaluasi objektif, masukan dan gagasan dari peserta FGD yang sekaligus sebagai narasumber.” Ungkapnya.

Lebih jauh Rusdy menjelaskan bahwa pihaknya pada pra tahapan Pilkada merasakan kekhawatiran dan keraguan apakah Pilkada serentak Tahun 2015 khusunya di Dompu akan berjalan aman atau tidak. Pasalnya banyak persolan yang ditemui diantaranya persolan kesiapan anggaran, pedomana teknis pelaksananan dan sebagainya. Namun alhamdulillah berkat kerja keras penyelenggara dan dukungan semua pihak, terutama Pemerintah Daerah Akhirnya Pilkada Dompu telah berjalan secara aman dan damai hingga dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Rusdy juga memberikan ucapan terimakasih dan penghargaan atas kehadiran para stakeholder, akademisi, LSM, Partai Politik, Praktisi Hukum, Pers dan Tokoh Pemuda untuk menjadi narasumber kegiatan FGD tersebut dan berharap agar kegiatan ini memberikan banyak ide dan gagasan solutif bagi perbaikan pelaksanaan pemilu selanjutnya. “sejumlah masukan, gagasan teman-teman narasumber terhadap beberapa masalah dalam tahapan pelaksanaan Pilkada akan kami laporkan ke KPU paling lambat tanggal 5 April sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun regulasi untuk pemilu yang akan datang.”terangnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori memberikan apresiasi atas kerja KPU Kabupaten Dompu dan seluruh element masyarakat yang telah mensukseskan pelaksaan Pilkada Dompu dengan aman dan damai. Di akuinya hampir seluruh Kabupaten /Kota di Indonesia yang melaksanaan Pilkada serentak Tahun 2015mengalami beberapa persoalan hukum pada setiap tahapannya. Namun KPU Kabupaten Dompu telah melaksanakan seluruh tahapannya dengan baik, tanpa mendapat gugatan hukum kecuali di MK namun itu telah dinayakan tidak dapat diterima.

Aksar lebih jauh menjelaskan perlu diketahui bahwa sebagai bagian dari transaparansi KPU dalam entri data hasil Scan C1, KPU Kabupaten Dompu tercepat kedua di NTB yang mampu mengupload datanya pada hari pemungutan suara sehingga masyarakat dapat mengakses secara langsung hasil pemilihan melalui web site dan pada tahapan pemutakhiran data pemilih, hanya KPU Kabupaten Dompu satu-satunya KPU diseluruh Indonesia yang menggunakan peta TPS dalam mewujudkan daftar pemilih yang valid dan akurat.“Apa yang dilakukkan KPU Dompu dengan membuat peta tps ini telah menjadi best praktis, percontohan bagi kami di KPU provinsi dan KPU lainnya di Indonesia.”Terang mantan ketua GP Ansor NTB ini.

Untuk diketahu, FGD yang berlangsung selama sehari ini, difasilitasi oleh Nursyamsiah. Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan kepada stakeholder Pilkada Dompu Tahun 2015.


Related Posts

EVALUASI TAHAPAN PILKADA, KPU DOMPU GELAR FGD
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.