Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Sabtu, 29 September 2018

Pimpinan Parpol : Mencari Makan Di Dompu, Namun Tidak Berpartisipasi Dalam Politik


Dompu,- Bagaimana dengan orang- orang yang telah tinggal bertahun- tahun, mencari nafkah di dompu namun belum memiliki identitas dompu. Status mereka ini seperti apa, mereka mencari makan didompu, namun saat perhelatan politik mereka tidak berpartisipasi.

"Ini perlu dilakukan langkah-langkah serius mengingat jumlah mereka ratusan atau bahkan ribuan" Demikian ujar salah satu pimpinan partai politik saat rapat kordinasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan, Sabtu (29/9) di Aula KPU Kabupaten Dompu.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdyanto mengatakan bahwa pemutahiran data pemilih pemilu itu basisnya KTP elektronik, sepanjang pemilih tersebut memiliki KTP elektronik Dompu maka dia berhak didaftar dan domasukan dalam Daftar Pemilih Tetap. 

Lanjut Rusdy, kalau mereka ber KTP luar daerah namun telah tinggal di Dompu. Mereka nanti akan masuk dalam daftar pemilih pindahan (DPTb) namun mereka hanya berhak memilih untuk pemilu tertentu saja tergantung alamat tertera dalam KTP El -nya.

"Terhadap pemilih di luar alamat KTP el, maka nanti akan berlaku ketentuan daerah pemilihan. Misalnya, kalau mereka KTP nya di luar provinsi NTB sementara dia tinggal di Dompu. Maka, nanti berhak memilih untuk pemilu presiden dan wakil presiden saja. Namun tentunya mereka harus terdaftar dalam pemilih pindahan (DPTb)." Jelas Rusdy

Sementara itu Pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu, Imran mengatakan bahwa penduduk yang demikian tidak bisa kami berikan KTP Elektroniknya. "Sepanjang mereka tidak mengurus kepindahan dari daerah asalnya, meski berpuluh-puluh tahun tinggal di Dompu. Maka, dia tidak akan diberikan KTP El" tegasnya seraya mengajak kerjasama semua pihak untuk sama-sama menyelesaikan persoalan data pemilih ini.

Terhadap persoalan tersebut, peserta rakoor bersepakat mendorong pemerintah daerah agar melakukan langkah-langkah kongrit untuk menyelesaikan persoalan kependudukan tersebut. (Humas)

Related Posts

Pimpinan Parpol : Mencari Makan Di Dompu, Namun Tidak Berpartisipasi Dalam Politik
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.