Agenda: - Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK/MA Se-Kabupaten Dompu

Rabu, 12 Agustus 2015

WUJUDKAN PEMILIHAN BERINTEGRITAS DAN BERMARTAABAT

 Dompu,- “KPU Kabupaten Dompu sebagai penyelenggaran pemilihan Berkomitmen Menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2015 dengan berintegritas dan bermartabat.” Itulah sepenggal kalimat pembuka yang disampaikan oleh Ketua Devisi Sosialisasi KPU Kabupaten Dompu, Suherman yang di undang sebagai narasumber tentang peran pemuda dalam mewujudkan pilkada yang berintegritas dan bermartabat di hadapan  pemuda yang mengikuti acara diskusi panel refleksi 42 tahun KNPI yang diselenggarakan oleh DPD KNPI Kabupaten Dompu di Gedung Pemuda, selasa (11/8).



 Herman menjelaskan bahwa integritas adalah satunya kata dan perbuatan, dalam konteks kedaerahan itulah nggahi rawi pahu. Integritas itu wajib dimiliki oleh semua pihak termasuk penyelenggara pemilihan, menjalakan pemilihan sesuai aturan perundang-undangn yang berlaku, transparan, independen dan seluruh proses dapat diawasi/dipantau secara langsung baik oleh pengawas pemilihan maupun masyarakat luas. Nah, dari proses yang dilaksanakan dengan penuh integritas akan menghadirkan hasil pemilihan yang bermartabat atau terhormat. Maksdunya bahwa hasil pemilihan dapat di terima oleh semua pihak baik oleh pasangan calon atau tim pemenangan maupun oleh masyarak pemilih.

 Lebih jauh, mantan aktivis HMI ini menjelaskan bahwa tantangan pilkada langsung kita saat ini adalah maraknya politik uang, netralitas ASN, Diskriminasi dan intimidasi, Kampanye hitam, dan Kerusuhan social. Untuk meminimalisir tantangan tersebut maka pemuda di butuhkan perannya. Peran yang dapat dilakukkan, diantaranya Pemuda senantiasa aktif mengawasi dan memantau seluruh proses tahapan penyelenggaraan Pilkada. Walaupun secara konstitusional tanggung jawab pilkada ada di lembaga KPU namun tentu saja dalam pelaksaannya tidak bisa di lepas begitu saja, mesti senantiasa diawasi dan dipantau agar penyelenggaran berjalan diatas relnya. Kedua, menjadi jembatan, penghubung antar pemilih dan pasangan calon dengan memberikan ruang dan wadah yang sama terhadap masyarakat terlebih peserta pemilihan untuk mengaktualisasikan ide, gagasan visi misi dan program kerja untuk membangun daerah. Ketiga, pemuda tentu saja yang masih memiliki idealisme senantiasa memberikan pilihan sesuai kehendaknya bukan karena tekanan, intimidasi atau karena transaksional.

  “ Semua kita yang hadir disini mempunyai mimpi kedepan, kita ingin kehidupan lebih baik, kita ingin pemerintahan yang clean dan good governan, kita ingin pelestarian hutan kita lebih baik, dan sebagainya. Maka, pintu masuk semua itu adalah pilkada kita saat ini. Pilkada adalah ruang bagi rakyat untuk memilih pemimpinnya, untuk mari memilih pemimpin dengan melihat track recordnya, Visi misi dan program kerjanya untuk masyarakat lima tahun kedepan” closing statmennya di akhir acara.

 Acara yang berlangsung terbuka tersebut mendapat sambutan hangat dari peserta, juga menghadirkan narasumber, diantaranya ketua PWI Kabupaten Dompu yang berbicara tentang Pers dan korupsi, Anggota MPI DPD KNPI Kabupaten Dompu yang mejelaskan tentang pelestarian lingkungan hidup dan hutan dan Ketua DPD KNPI Kabupaten Dompu yang merefleksi perjalanan KNPI Dulu, saat ini dan nanti.

Related Posts

WUJUDKAN PEMILIHAN BERINTEGRITAS DAN BERMARTAABAT
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.