Jumat, 21 September 2018

Komitmen Pemilu Damai, KPU Dompu Akan Gelar Deklarasi dan Konvoi


Dompu,- KPU Kabupaten Dompu menggelar rapat kordinasi persiapan deklarasi dan konvoi damai pemilu, Jum'at (21/9) dihadiri sekretaris daerah, asisten 1, polres, dandim 1614, sat Pol PP dan partai politik peserta pemilu tahun 2019.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto mengatakan bahwa deklarasi nantinya akan dilaksanakan pada hari minggu, 23 September 2018, pukul 14.00 Wita yang dirangkaikan dengan konvoi kendaraan bermotor. "Untuk memantapkan persiapan itu, maka hari ini kita adakan rakor meminta masukan, saran terkait dengan pelaksanaan dekalarasi dan konvoi tersebut." Jelasnya.

Sementara itu anggota KPU Kabupaten Dompu devisi SDM dan Parmas, Suherman mengatakan bahwa penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 adalah penyelenggaraan pemilu yang sangat kompleks permasalahannya seiring dengan berubahnya regulasi, sistem dan bertambahnya jumlah peserta pemilu.

Untuk itu lanjutnya, KPU mengajak semua pihak terutama peserta pemilu tahun 2019 secara bersama membangun suatu komitmen untuk menyelenggarakan pemilu secara langsing umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Komitmen tersebut kita tuangkan dalam naskah deklarasi yang nantinya kita baca dan tandatangani bersama" jelas Herman sambil berharap agar nantinya yang hadir melakukan penandatanganan adalah ketua umum partai politik.

Lanjutnya, bahwa komitmen pemilu damai yang telah disusun memuat beberapa point penting diantaranya komitmen mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil, menolak dan melawan politik uang, politisasi sara dan hoax, menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan pada setiap tahapan penyelenggaraan pemilu dan komitmen untuk menyelsaikan setiap persoalan melalui musyawarah atau jalur hukum sesuai dengan ketentuan perarundang-undangan yang berlaku.

Dalam rapat kordinasi yang berlangsung aman dan lancar itu telah disepakati beberapa hal diantaranya bahwa semua peserta rakor sepakat melaksanakan deklarasi dan konvoi, menyepakati rute konvoi adalah start di Kantor KPU Kabupaten Dompu menuju Woja, manggelewa dan finish di Kempo dengan ketentuan setiap partai politik menggunakan maksimal 5 mobil. (Humas)





Related Posts

Komitmen Pemilu Damai, KPU Dompu Akan Gelar Deklarasi dan Konvoi
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.