Rabu, 06 September 2017

KPU Dompu Gelar Semifinal Dan Grandfinal LCC Kepemiluan

Dompu,- KPU Kabupaten Dompu menggelar babak semifinal dan granfinal Lomba Cerdas Cermat Kepemiluan (LCC) Kepemiluan Tahun 2017 tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten Dompu, Rabu (6/9) bertempat di Aula KPU Kabupaten Dompu. 

Dalam laporannya sebelum acara babak semifinal dan grandfinal digelar Ketua Panitia, Agus Setiawan menyampaikan bahwa kehadiran siswa sebagai pemilih pemula yang cerdas berdemokrasi menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kwalitas pemilu dan demokrasi, berbicara partisipasi tentunya bukan sekedar menjaga kwantitas tetapi partisipasi juga bicara soal kwalitas salah satu indikator demokrasi adalah adanya kesukarelaan pemilih dalam mengikuti pemilihan pendidikan pemilih merupakan elemen yang sangat penting dalam mengembangkan kehidupan berdemokrasi karena kehadiran pemilih yang rasional menjadi ukuran kwalitas demokrasi di suatu negara.

“Untuk itulah KPU Kabupaten Dompu dalam rangka fasilitasi pendidikan pemilih sebagai salah satu bagian dari berbagai rangkaian kegiatan termasuk menggelar lomba cerdas cermat kepemiluan yang kita laksanakan hari ini” Papar Agus.

Ia juga menyampaikan bahwa peserta yang mengikuti kegiatan LCC kepemiluan ini adalah sebanyak 33 (tigapuluh tiga) sekolah se Kabupaten Dompu. Mekanismenya melalui penyisihan ditingkat kecamatan, sekolah yang menjuarai di masing-masing kecamatannya akan memasuki babak semifinal dengan mempertandingkan sekolah yang ada dalam satu daeraha pemilihan. “Kemudian juara pada daerah pemilihan Dompu 1, 2 dan tiga akan bertemu di babak granfinal.”Paparnya

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdyanto yang secara resmi membuka acara itu menyampaikan bahwa kegiatan LCC merupakan agenda yang sudah dilaksanakan pada tahun 2016 lalu  dimana yang keluar sebagai juara I adalah SMA Negeri 1 Woja jadi selama ini piala bergilir KPU Provinsi Nusa Tenggara Barat berada di sekolah tersebut. Lanjutnya, adapun tujuan dilaksanakannya LCC Kepemiluan sebagai upaya KPU dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pemilu dengan harapan peserta kegiatan dapat berperan dan berpartisipasi aktif dalam setiap penyelenggaraan pemilu.

“Tujuan khusunya melalui kegiatan LCC ini, sesunguhnya kami ingin menyiapkan adik-adik menjadi pemilih cerdas, calon pemimpin di masa depan atau bahkan calaon penyelenggara pemilu di masa mendatang.” Ujarnya.

Lewat kesempatan itu, Rusdy juga berharap dan akan mendorong agar kegiatan LCC kepemiluan ini akan direkomednasikan untuk di lombakan di tingkat provinsi NTB atau bahkan tingkat pusat (KPU RI).

Akhirnya, SMA Negeri 1 Woja Pertahankan Juara LCC Kepemiluan

Ket. Foto: Dari kanan ke kiri, Peserta Babak Grandfinal : Regu A SMA Negeri 1 Dompu (Juara 3), Regu B SMA Negeri 1 Woja (Juara 1), dan Regu C SMA Negeri 2 Kempo (Juara 2). (Ft/dok/Humas KPU Dompu)
Setelah melalui proses panjang mulai babak penyisihan, semifinal hingga grand final, akhirnya SMA Negeri 1 Woja keluar sebagai Juara 1 mengungguli SMA Negeri 2 sebagai juara 2 dan SMA Negeri 1 Dompu sebagai juara 3. Gelar juara yang diraih SMA Negeri 1 Woja adalah untuk kedua kalinya setelah tahun lalu (2016-red) menjadi juara dan berhak mempertahankan piala bergilir KPU Provinsi NTB. Serah terima hadiah berupa piala bergilir diserahkan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdyanto mewakili Ketua KPU Provinsi, Ll. Aksar Ansari. 

Acara secara resmi ditutup oleh Anggota KPU Kabupaten Dompu Arifuddin yang dalam sambutanya menyampaikan ucapan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta lomba yang sejak awal telah belajar dan berusaha secara maksimal. “LCC ini insha Allah akan mejadi kegiatan tahunan KPU Kabupaten Dompu. Kalau belum berhasil tahun ini silahkan siapkan diri dari sekarang dengan belajar dan terus belajar semoga tahun depan bisa menang” Harapnya. (Humas)










Related Posts

KPU Dompu Gelar Semifinal Dan Grandfinal LCC Kepemiluan
4 / 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.